Beranda | Artikel
Doa Sebelum Wudhu
Senin, 12 Februari 2024

Bersama Pemateri :
Ustadz Abdullah Zaen

Doa Sebelum Wudhu ini merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Fiqih Doa dan Dzikir yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 25 Rajab 1445 H / 5 Februari 2024 M.

Kajian Tentang Membersihkan Kemaluan Setelah Buang Hajat

Wudhu adalah ibadah. Sebagaimana umumnya ibadah, pasti ada aturannya. Aturan tersebut telah dibahas di dalam Al-Qur’an dan hadits Nabi kita Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Salah satu aturan berwudhu adalah membaca doa sebelum berwudhu. Salah satu aturannya membaca doa sebelum berwudhu. Doa sebelum berwudhu adalah membaca: “Bismillah.”

Dalil yang melandasi doa ini adalah sabda Nabi kita Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud dan hadits ini dinilai Hasan oleh Imam Ibnu Katsir Rahimahullah, bahwa Nabi kita Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

 لا صلاةَ لمَن لا وضوءَ لَهُ ، ولا وضوءَ لمَن لَم يذكرِ اسمَ اللَّهِ عليهِ

“Tidak sah shalatnya orang yang tidak wudhu. Dan tidak sempurna wudhunya orang yang tidak membaca basmalah.” (HR. Abu Dawud)

Jadi sebelum berwudhu, kita disyariatkan untuk membaca bismillah. Hal ini karena kita butuh bantuan dari Allah supaya bisa berwudhu.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/53903-doa-sebelum-wudhu/